Menjinakkan Liberalisme

Abstrak:

Gelombang liberalisme terus bergulung dalam arus ekonomi sehingga akan menenggelamkan negara manapun yang tidak siap ‘berselancar’ di atas gelombang tersebut. Liberalisasi itu berjalan di arena ekonomi dengan bahas tunggal; pasar setiap negara harus dibuka selebar-lebarnya tanpa boleh ada proteksi. Dalam situasi seperti ini, tentu saja hanya negara kuat yang akan memenangkan pertempuran.

Berangkat dari kegalauan itulah, PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Gottingen-Jerman merasa perlu untuk melibatkan diri dalam proses pemecahan persoalan tersebut. Agar Indonesia dapat melepaskan diri dari cengkraman negara-negara raksasa modern, dan ia tenggelam dalam arus liberalisasi.

Buku ini dengan sangat baik dan runtut mengupas beberapa aspek pertanian dan kehutanan di Indonesia. Berbagai aspek tersebut secara sistematis dituangkan dalam bentuk bab-bab yang saling terkait satu sama lain, sehigga memudahkan pembacanya untuk secara utuh menarik benang merah potret pertanian dan kehutanan di Indonesia. Tiap aspek selalu dimulai dari rekaman dan visualisasi tentang kondisi yang terjadi saat ini, kemudian diiringi dengan analisis terhadap permasalahan dan diakhiri dengan berbagai rekomendasi cara pemecahannya.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*


*